Memahami Nilai Yang Diharapkan Dalam Poker

Jika Anda sudah lama bermain poker, Anda akan sangat mengenal semua pasang surut permainan. Setiap pemain poker telah mengalami kepuasan yang datang dengan memainkan kartu Anda dengan sempurna dan mendapatkan kemenangan besar itu, dan juga saat-saat memilukan ketika kartu poker “tidak bisa kalah” Anda dikalahkan, menentang semua logika dan alasan.

Poker adalah permainan variasi; ia memiliki banyak ayunan naik dan turun ini. Apa yang membedakan pemain rata-rata dari yang baik, adalah kemampuan untuk mengelola sifat permainan yang tidak dapat diprediksi dan membuat keputusan yang mengarah pada hasil yang menguntungkan. Tujuannya bukan untuk memenangkan setiap putaran, melainkan membuat keputusan yang menghasilkan lebih banyak kemenangan daripada kerugian dan nilai yang diharapkan positif.

Nilai yang diharapkan dapat secara longgar didefinisikan sebagai pengembalian investasi yang diantisipasi. Sebagian besar digunakan dalam statistik dan analisis probabilitas, ini dihitung dengan mengalikan kemungkinan hasil dengan kemungkinan terjadinya, dan kemudian menjumlahkan semuanya. Nilai yang diharapkan dapat dinyatakan sebagai data murni atau nilai moneter, bergantung pada tujuan penggunaan Anda. Ada dua cara berbeda untuk menyampaikan nilai yang diharapkan, positif, dan negatif.

Nilai ekspektasi positif – Nilai ekspektasi positif (+ EV), adalah keputusan yang akan menghasilkan – rata-rata – lebih banyak kemenangan daripada kerugian.

Nilai ekspektasi negatif – Nilai ekspektasi negatif (-EV), adalah keputusan yang akan – rata-rata – lebih banyak kerugian daripada kemenangan.

Membuat permainan dengan nilai yang diharapkan positif tidak selalu menghasilkan hasil yang baik, dan pilihan dengan nilai yang diharapkan negatif tidak selalu menghasilkan hasil yang buruk. Sebaliknya, diasumsikan bahwa secara rata-rata, tindakan ini akan menghasilkan hasil yang lebih negatif atau positif. Berbagai profesi menggunakan nilai yang diharapkan – ilmuwan, investor, ekonom, dan terakhir, pemain poker.

Nilai yang Diharapkan (EV) dalam poker adalah jumlah yang diharapkan pemain untuk menang atau kalah melalui tindakan tertentu. Contoh paling jelas adalah lemparan koin, dari 100 lemparan, rata-rata Anda mengharapkan koin itu mendarat di kepala 50 kali dan 50 ekor. Jika Anda berspekulasi tentang hasilnya, dengan GC 20, maka Anda dapat berharap untuk menang dan kalah setidaknya masing-masing 50 kali.

Sebagian besar pilihan dalam poker — menaikkan, bertaruh, melipat — memiliki harapan untuk memberi Anda lebih banyak chip atau kehilangannya. Beberapa permainan akan memenangkan lebih banyak chip daripada yang lain secara rata-rata, dan triknya terletak pada kemampuan untuk mengidentifikasi tindakan ini dan secara konsisten membuat pilihan yang akan memberi Anda nilai yang diharapkan positif tertinggi. Intinya, pilihan nilai yang diharapkan positif memberi Anda lebih banyak chip; yang negatif menghilangkannya.

Misalnya, jika Anda yang terakhir bertindak, dan tiga orang sebelum Anda melakukan all-in untuk GC 50, menciptakan pot total GC 150, maka itu dapat dianggap sebagai nilai yang diharapkan positif untuk dimainkan dan berpotensi memenangkan total GC 150 sementara hanya mempertaruhkan GC 50.

Namun, pilihan juga perlu mempertimbangkan kartu Anda. Jika Anda memegang 2,7 – secara statistik salah satu tangan terburuk – dan flop, turn dan river masih akan datang, kemungkinan menang kecil, jadi mempertaruhkan GC 50 tidak mungkin menghasilkan memenangkan seluruh pot, menghasilkan nilai yang diharapkan negatif.

Jika permainan berlanjut melewati kegagalan dan pemain lain terus bermain, pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan pada diri Anda adalah, “Akankah ada untung jika saya menelepon?” Ada banyak situasi di mana jawabannya adalah dengan tegas “Tidak”. Misalnya, jika tidak ada taruhan sampai ronde terakhir – sungai – maka pemain lain bertaruh pada GC 500, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah layak mempertaruhkan GC 500, untuk memenangkan hanya GC 500.

Hal yang sama dapat dikatakan untuk mengejar kartu untuk melengkapi set, straights dan flush. Mengejar satu kartu di sungai untuk menyelesaikan flush, dengan kenaikan yang signifikan setiap putaran tidak memiliki peluang bagus untuk mencapai hasil yang diharapkan positif. Peluang akan naik dan turun tergantung pada berapa banyak kartu yang Anda butuhkan, tetapi Anda harus memutuskan apakah kartu yang Anda butuhkan kemungkinan besar akan dibagikan.